Pernahkah Anda membuat undangan yang begitu banyak dan harus
“mengetikkan” nama masing-masing penerima secara manual, tidakkah Anda merasa
lelah dan terlalu membuang-buang waktu? Baiklah, akan saya bahas tentang cara
mail merge yaitu cara memberi nama-nama tersebut secara otomatis
1.
Pertama, ketikkan data namanya di microsoft
excel, berikut contohnya
2.
Selanjutnya buat undangan yang Anda inginkan,
biar lebih cepat, berikut saya sudah punya contoh undangan
Nah di kotak hitam itu kan ada tulisan : “Untuk
Saudara/i ku” selanjutnya kita ketakkan kursor di bawah tulisan itu
3.
Klik tab mailings,
lalu klik start mail merge, dan
pilih normal word document
Tampilan akan tetap sama seperti semula.
4.
Klik Select
Recipients, klik Use Existing list
Arahkan
ke file Excel yang tadi telah kita buat.
5. Setelah
memilih file excel, maka akan muncul tab sheet,
klik sheet 1 dan klik OK
6.
Pada tab mailings
klik insert merge field, dan pilih nama
Maka akan muncul tulisan «Nama» pada tempat yang kita inginkan untuk
menambahkan nama tadi.
7.
Klik preview
result, dan nama akan muncul sesuai urutan data di excel (angka 6
menunjukkan bahwa data di excel adalah Qonita Faiqotul Himmah) dan apabila kita
klik tombol panah yang berada
disamping angka 6 maka nama akan
otomatis berganti sesuai data di excel tadi.
Saat kita menutup file word tersebut dan
ingin membuka lagi maka akan muncul tampilan seperti ini, maka kita pilih yes karena jika kita memilih”no” maka
data tidak akan berhubungan dengan data
excel
Terima kasih dan semoga bermanfaat J
Tidak ada komentar:
Posting Komentar