Senin, 28 Oktober 2013

langkah-langkah Mailing Merge di Word

Pernahkah Anda membuat undangan yang begitu banyak dan harus “mengetikkan” nama masing-masing penerima secara manual, tidakkah Anda merasa lelah dan terlalu membuang-buang waktu? Baiklah, akan saya bahas tentang cara mail merge yaitu cara memberi nama-nama tersebut secara otomatis
   1.       Pertama, ketikkan data namanya di microsoft excel, berikut contohnya


   2.       Selanjutnya buat undangan yang Anda inginkan, biar lebih cepat, berikut saya sudah punya contoh undangan

Nah di kotak hitam itu kan ada tulisan : “Untuk Saudara/i ku” selanjutnya kita ketakkan kursor di bawah tulisan itu

  3.       Klik tab mailings, lalu klik start mail merge, dan pilih normal word document

Tampilan akan tetap sama seperti semula.

   4.       Klik Select Recipients, klik Use Existing list


Arahkan ke file Excel yang tadi telah kita buat.
   5.       Setelah memilih file excel, maka akan muncul tab sheet, klik sheet 1 dan klik OK


  6.       Pada tab mailings klik insert merge field, dan pilih nama


Maka akan muncul tulisan «Nama» pada tempat yang kita inginkan untuk menambahkan nama tadi.

   7.       Klik preview result, dan nama akan muncul sesuai urutan data di excel (angka 6 menunjukkan bahwa data di excel adalah Qonita Faiqotul Himmah) dan apabila kita klik tombol panah yang berada disamping angka 6 maka nama akan otomatis berganti sesuai data di excel tadi.




Saat kita menutup file word tersebut dan ingin membuka lagi maka akan muncul tampilan seperti ini, maka kita pilih yes karena jika kita memilih”no” maka data tidak akan berhubungan dengan data excel



Terima kasih dan semoga bermanfaat J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar